Bahaya penyakit wasir kalau tidak diobati

Bahaya penyakit wasir kalau tidak diobati__Wasir (Ambeien) atau dalam istilah medis disebut Hemorrhoid adalah varises vena pada anus dan rektum, yaitu terjadi pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah vena di sekitar anus dan rektum bawah. Setiap orang juga tahu bahwa penyakit atau gangguan ambeien adalah hal yang paling tidak mau terjadi atau dialami oleh seseorang. namun hal tersebut bisa saja dan mungkin saja terjadi jika pola hidup yang tidak sehat masih dijalankan. Penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit. Untuk penderita wasir kategori parah terkadang sulit diobati sehingga untuk mengobatinya adalah dengan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Jangan menyepelekan penyakit ambeien, jika tidak diobati penyakit ambeien akan semakin berbahaya bagi tubuh. Penderita akan mengalami pendarahan yang semakin banyak dan ambeien akan sulit diobati. Selain mengganggu BAB, ambeien yang tidak segera diobati akan merusak pembuluh darah di anus dan sekitarnya sehingga kinerja usus besar akan terganggu. Pendarahan yang sering akan membuat penderita terkena anemia.

Penyakit ambeien atau biasa disebut juga dengan penyakit wasir (dalam bahasa Inggris penyakit ambeien disebut Hemorrhoid dan pada bahasa kedokteran penyakit ambeien disebut Piles) merupakan penyakit atau gangguan di anus dimana bibir anus (Sphinchter Ani), mengalami pembengkakan yang terkadang penyakit ambeien ini juga disertai pendarahan.
Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “wasir” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.
Faktor Penyebab Wasir atau Ambeien – Hemoroid
Beberapa kemungkinan penyebab amebeien atau wasir adalah:
  • Sembelit (konstipasi), kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan / mengeden saat BAB.
  • Wanita yang hamil, dalam keadaan hamil tekanan rongga perut meningkat karena ada janin dalam kandungan. Kondisi yang sama juga dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan karena mengejan.
  • Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.
Jenis-Jenis Penyakit Wasir atau Ambeien – Hemoroid
Umumnya, wasir atau ambeien dapat dibagi 2, yaitu Ambeien Internal dan Ambeien Eksternal :
  • Ambeien Internal, pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.
  • Ambeien Eksternal menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

 

Konsultasi gratis
WA : 0857-1558-5781
CALL/SMS : 0851-3040-6868
BBM : 7E6C5F4D

 

Author: admin

biasa saja, suka makan tahu dan tempe